Tangitung Biaya Pernikahan Tita dan Sandi Part II

Hola.
Sekarang jam 09:15, Bandung udah mulai agak panas kembali. Padahal aku suka hujan huhuu. Adem. Tp yowes lah cuaca mah udah ada yg atur pan yes? Mau panas mau hujan terima saja.
Yep.. kemarenan udah posting bahas Budgeting Pernikahan, wessss gaya bahasanya. Ya sederhana nya sih aku sekarang lagi bahas biaya pernikahan aku kemarin. Ya siapa tau ya gengs, ada yg mau kewong, tapi masih bingung mau mulai dari mana. Apalagi yg kyk aku, pake biaya sendiri sisanya malak sama bank, hahaha ceileeeee....tp zuzur yes, emang aku sebagian biaya sendiri dari tabungan, trs suami pun sama begitu. Soalnya rencana nikah itu udah lama sekali, jadi masing-masing udah punya pegangan. Orang tua gimana ? Ikut sumbang dana gak ? Org tua ga keluar biaya sama sekali, Alhamdulilah. Sebenernya bukan karena gak ada atau gak mau, siapa sih orang tua yg gamau lihat anak nya seneng yekan ?!  tapi aku dan suami berpikir mending ngumpulin pribadi, puas nya jadi kerasa dan umur kita pas nikah itu adalah umur dimana kondisi kita seharusnya udah mapan, dan alangkah lebih baik nya kalau kita berusaha sendiri, begitu cyin. Jadi kalau yg masih dibantu biaya nya sama orang tua, bukan nya jelek, kalian musti bersyukur..🙏🙏, orang tua masih mampu, masih sehat dan sayang anak ( yaiya lah ! ). Semoga para orang tua sehat selalu dan murah rejeki. Amin.....
Yowes ah, selanjutnya kita ngomongin apa nih ? Makanan ? huhuhuu 😋.... yuks cus

3. MAKANAN DAN PERLENGKAPAN PRASMANAN

Hmmmm.. kalau soal ini sebenernya Alm. Mamah ku yg riweuh.  Beliau bersikeras kagak mau pake catering yg sekali jadi. Maksudnya, beliau itu pengen belanja dan masak sendiri. Wow !
Sebenernya kalau mau praktis sih enak catering ya. Tinggal pilih paket menu nya apa, trs sesuaikan jumlah pax undangan, test food, bayar dp, tap, tap, lunasin 2 minggu hari H, udah deh kita cuma tau beres. Nah, mamah itu gamau begitu.. Kurang berasa hajat katanya. Huaaaaaa 😂....
Akhirnya kita cari nih tukang masak. Dapet lah rekomendasi dari saudara. Ongkos masak nya 2 juta. Bahan belanja sendiri, ikutin instruksi tukang masak, dari mulai ngitung kebutuhan bahan (disesuaikan dengan pax undangan tentunya ) dan belanja bahan dimana aja. Soalnya dese udah kenal pedagang2 bahan yg recommended katanya. Oke ~ Aku serahkan segala nya sama Mamah.

Mamah semangat banget untuk urusan ini. Beliau gamau asal katanya. Pokoknya makanan nya kudu enak. Hal pertama yg dilakukan kalau mau masak dirumah itu adalah, tentukan jumlah undangan. 1 undangan dikali 2 yah. Misalnya, jumlah undangan 500, kali 2 jadi 1000 pax.
Kemudian tentukan budget nya. Jangan lupa ini penting ya !
Lalu, tentukan menu yg sesuai dengan budget. Menu prasmanan itu biasa nya sekitar 4-5 menu. Biasanya yaitu ;
🍴 Menu Ayam-ayaman ; Ayam Suwir, Ayam Kodok ( bukan ayam campur swike yaks 😂 ), Ayam Teriyaki dan lain-lain. Aku kmrn pakai Ayam Kodok. Jadi ayam kodok versi si Teteh Masak itu Ayam yg dicampur dengan bahan lain, aku gatau sih bahan lain itu apa aja, trs dibentuk segitiga, dan di steam. Enyak banget loh ! Yumyum😋. Penampakan nya kyk gini nih :


🍴 Menu Daging-dagingan ; Sate. Skrg udah agak jarang sih menu nikahan pake persatean, biasanya si sate ini suka dijadiin side dish, kalau aku sih gak mau pake sate, ribet, nusuk-nusuk, 🙅. Rolade Daging, Beef Teriyaki dll. Kalau aku pake nya Beef Teriyaki. Selain simple, trs ga ribet makannya, rata-rata banyak yg suka.


🍴 Menu Sayur ; Sop Daging. Udah sih itu aja. Soalnya aku belum nemu tuh menu pernikahan pakai sayur Asem atau Lodeh. Kalau ada, aku mau dtg, walau ga diundang juga, wkwkwkw😂 T E R N I A T dan T E R N E K A T ! Demi Lodeh apapun itu apapuuunnn. Aku kmrn pakai menu Sop daging aja yg simpel dan seger.
🍴 Menu Lain-lain = Biasanya sih kyk Sambel Goreng Kentang, Tumis Buncis Daging, dan pertumisan-tumisan yg semi pedas dan gurih. Aku sih ga pake tumis2an. Malah nambah Salad. Hahahaha ! Ngaco sih emang ! Mamah Kontra, Aku Pro, Bapak Idem. Tp suami malah Pro. Heu. Soalnya doi pernah coba saladnya, enak banget katanya. Doi pengen lagi. Dan Mamah pun menyerah dengan suara terbanyak yaitu 2:1. Karena Bapak Golput !! Pemilu aja ga pernah ikutan. Ssssttt jangan ditiru, bukan WNI yg baik.
🍴 Kerupuk, Air Mineral dan Buah Potong

Segitu doang sih menu makanan utama di pernikahan aku. Sederhana tp yg penting enak dan habis, terus tamu-tamu menikmati. Rata-rata mereka apresiasi sama makanan nya katanya enak bingit ! Wuahhh tukang masak ku jago.

Untuk menu tambahan nya aku pake :
🍴 Baso Tahu Arsen ; Ini recommended loh !!! Punya tetangga aku. Enyak bumbu nya, Ikan nya keraza ! cus main ke instagram nya : @basotahuarsen.
🍴 Es Krim ; Rasa Kelapa dan Strawberry. Tadinya nih, tadinyaaaa.. Mamah bilang, pengen pake Es krim merek D***on**, harga nya sih sekitar 100ribuan yg ukuran 8 liter. Tapiiiii, karena aku mendukung UMKM hahaha !!! jadi pake produksi rumahan punya tetangga (teuteup ya tetangga di berdayakan). Karena tetangga jadi bisa dikasih harga diskon dan ngutang dlu.
🍴 Mie Kocok ; Ini sih rencana dadakan, hasil sumbangan Bibi aku. Karena beliau jualan mie kocok, aku sih zuzur gasuka mie kocok, terutama karena ada kikil nya. Serasa liat karet ban motor ! *lebay*.

Menu-menu yg aku sebutin terbilang katanya "terlalu sederhana", kurang mevvah. Aduh gimana yah ? Aku juga suka sih sebenernya lihat nikahan yg ajib dengan menu nya yg macem2. Food stall nya yg oke, dan enak2. Tp kembali lagi, berhubung acaranya di rumah, pake menu rumahan udah terasa istimewa kok, apalagi kalau enak. Yg penting kan niat nya kita pengen menyajikan menu yang bisa dinikmati semua kalangan. Lagian ngapain banyak-banyak menu, tp ga enak atau malah ga habis. Kan mubazir yes?!

Untuk perlengkapan prasmanan juga musti dipikirin kalau mau masak di rumah. Seperti ; pemanas, panci prasmanan, piring, sendok, garpu serta tisu makan. Kalau ditotal dana yg aku keluarin sekitar Rp. 400ribu sewa perhari nya. 

Intermezzo :
Nah, perlu diingat ya, test food itu penting buat kamu yg pengen pake catering karena malas ribet. Cari referensi sebanyak-banyaknya catering yg oke di Bandung. Terus pastiin jumlah undangan dengan teliti ( bahasa opooo iki ! ). Karena yg namanya catering kan selalu masak sesuai jumlah pax undangan yg kita kasih, tp karena kamu sibuk undang-undangin temen-temen kamu, dan gak tercatat, eh makanannya jadi kurang. Beberapa kasus sering terjadi. Padahal acara nya masih beberapa jam lagi, tapi makanan nya udah keburu abis. Kasian kan yg zauh-zauh datang ga kebagian makanan ( i know that feeling ! ). Dalam pesta pernikahan itu makanan sangat-sangat krusial gaes ...
Segitu aja ya, saran dari aku, "Trus jadi nya habis berapa nih buat makanan? Dana yg aku keluarin sekitar Rp. 18 juta / 500 undangan / 1000 pax.

4. KUE PENGANTIN

Aku tuh baru nginget2 kemarenan sama suami. Aku tuh ga bikin kue pengantin ternyata wkwkwkkw. Trs jadi kita kagak motong kue. Yg ada juga kue-kue buat snack box yang ikut rombongan akad nikah. Nah kue-kue itu sumbangan dari Nenek aku, jadi aku gatau sih budget nya brapa. Trs jumlah nya brp kotak atau brp potong. Yg jelas tau2 udah pada dibagi aja. Yaudin penganten mah diem aje yekan nontonin tu kue, yg entah asal nya darimana.
Sebenernya penting ga sih kue pengantin ?. Menurut aku sih penting ga penting ! Kenapa ? Kalau kue nya modelan yg tinggi 1 meter trs ada hiasan kembang2,  pas acara nikahan aku sih ga ngaruh apa2. Karena tamu2 malah nyari kue2 yg udah dipotong2. Tp kalau di rundown acara yg udah disusunin WO ( kalau pake WO ), terus ada acara potong kue, pasti penting !! Jadi teuteup balik lagi. Sesuaikan dengan acara nya kyk gimana. Begitu.

5. AKOMODASI

Begini nih kalau nikahin orang yg jauh dari kota kita tercinta. Beruntunglah kalian kalau nikah sama pasangan yg satu lokasi. Ga perlu mikirin transportasi. Kalau aku nih berhubung suami ku asalnya dari Tasikmalaya. Dan semua keluarganya disono. Jadilah akomodasi ini sangat penting. Sebenernya juga ga harus aku yg pikirin, tp suami itu orangnya suka panikan, bingungan, pusingan, sampe-sampe dia dikenal dengan jargon Musingkeun. Karena semua nya pusing. Aku PMS dia yg pusing, aku yg beli sepatu dia pusing, org lain rese dia pusing, org lain ee dia pus..... eh gak deng ! Jadi intinya dia kalau bingung gabisa mikir. Jadilah aku yg arrange semua, dari sewa bus, sewa hotel, kebetulan aku kerja di hotel jadi keluarga nya nginep di hotel tempat kerja aku. Habis berapa ya ?. Mmmmm... sekitar 3 juta sajah. Dan itu dia yg bayar. ( Yaiyalah !! )

Intermezzo :
Yg penting waktu km mau arrange akomodasi buat keluarga Pria ( kalau km yg atur, dan calon kamu musingkeun ). Pertama, cari hotel. Hotel nya jangan yg mahal-mahal kl budget calon suami mu kurang, cari tipe2 hotel yg bintang 1, Guest House atau melati III. Cari diskonan di Traveloka, Airy Rooms, atau Trivago. Cari yg punya kamar tipe keluarga. Jadinya kan besar tuh. Muat 4-6 orang. Karena kalau kamar per dua orang dan misah2 jatoh nya mahal beud.. !
Reservasi dari jauh jauh hari. Minimal seminggu sebelum hari H. Meminimalisir ruangan nya penuh, karena kan kalau nikahan itu pasti jatohnya di weekend. Bandung itu hectic kalau weekend. Hotel pun rata-rata penuh.
Untuk transportasi. Kalau soal ini, agak beda-beda yah. Karena perbedaan harga antara keluarga yg beda pulau atau cuma beda kota tapi masih satu pulau ( kayak aku ! ). Kalau yg masih satu pulau, tp tehitung mayan deket, ada baiknya sewa bus daripada sewa city car, bisa muat satu ERTE !! Angkut semua yo ayo !!

6. DOKUMENTASI

Ini juga salah satu yg jadi concern aku buat acara nikahan. Yaitu FOTO !
Aku ini penyuka sekali fotografi. Dulu-dulu suka sih ikut2 hunting bareng sama fotografer amatir atau pro. Jadi model2an juga pernah bareng temen terus rela panas2an biar dpt foto bagus, sungguh perjuangan yg dahsyat kala itu ( totalitas ma men !! ). Seru banget dlu dapet pengalaman baru walaupun dibayar dengan terimakasih. Jadi aku ini agak kritis kalau masalah foto perfotoan.

Pasti kalian ada yg udah pernah lihat beberapa foto album pengantin yg gaya nya jaduuulll banget. Ada yg foto di kamar pengantin berdua gitu, pegangan tangan, berpelukan, guling-gulingan eh.. yg ini enggak ! maap hehehhe. Pokoknya yg pose nya itu2 aja, trs editan nya hampir ga ada sama sekali, tanpa bokeh2 background atau tone warna ala ala Jonathan Susilo (inisih level dewa bro ). Nah aku gasuka kyk gitu. Ya walaupun acara nya di rumah, tp pengen lah dpt hasil jepretan yg kece.. yg mevvah ( aku kan anak Papa ). Maka dari itu aku pun mencari-cari beberapa referensi vendor foto wedding yg bagus. Mereka adalah ;

📷 @tigaphotography
Aku ini udah lama ngeceng hasil jepretan nya mereka. Untuk foto candid moment, foto nya berasa hidup. Udah dari lama pernah iseng-iseng minta pricelist. Harganya ga mahal juga. Sekitar 5-6 jutaan. Tp aku gajadi pake karena blm "klik" aja. Jadi akhirnya cari-cari lain nya.

📷 @alboraphoto
Albora photo ini hasilnya smooth dan bagus banget. Tone nya tegas. Bright banget hasil foto nya. Harga nya murah loh. 3-5 juta. Cuma sama hal nya dengan tiga photography, aku nya belum "klik" dan ngerasa "wow" sama hasil fotonya. Jadi cariiiii lagiiii

📷 @qphotography
Aku sebenernya naksir sama hasil dari Qphotography. Hasilnya kelihatan mevvah. Pokoknya bagusssss. Aku suka. Tp sayang mereka itu lokasi nya di Sumedang. Jauh banget ke tempat aku. Jadi gajadi deh..Harganya sekitar 4.5-9 juta.

📷 @kasandraphotography
Jadi pas lagi bingung2 sama foto dan video, aku ini tiba2 dapet referensi dari temen aku buat pake kasandra. Awalnya gimana gitu sama namanya, kasandra kayak merek pewarna rambut wkwkwkkw. Pas liat feed instagram nya. Keren2 loh sumpah. Tipe2 yg aku mau banget. Trs setelah lama nego nego harga dpt lah harga yg menarik dari si aa nya. Wah ga banyak mikir langsung cus booking dan dp. Ternyata hasilnya emang bagus bingit. Semua keluarga suka hasil fotonya.. lopelope deh !
ini dia hasilnyaaaa...









Bagus hasilnya dengan harga yg menurut aku worth it !
Harga yg ditawarkan Kasandra Photography itu sekitar 5-7 jutaan. Cus ceki-ceki instagram nya ya, feeds nya bagus2. Pasti ngiler liat hasil foto-fotonya.

Segitu dulu yah, next dilanjut part III..
Yuhuuuu bubye~



-sekhmet-

Komentar

Zulfa Balai Sartika mengatakan…
CARI GEDUNG PERNIKAHAN BANDUNG BERKARPET ? CEK DISINI YA..

Halo Calon Pengantin
Cari gedung pernikahan di bandung ?
kami HIS Wedding & Organizer menghadirkan BALAI SARTIKA dengan new concept design FULL CARPET
kami juga menghadirkan inovasi all in package agar lebih praktis bagi calon pengantin
All in Package inclusion :
1. Venue
2. Catering 1000 Paxx
3. Decoration
4. Photography
5. Entertainment
6. Rias & Busana
7. Upacara Adat Sunda
8. Siraman

POTONGAN HARGA 25JT

Dan kami juga bekerjasama dengan banyak vendor ternama di bandung yang bebas kalian pilih
Promo ini hanya berlaku di bulan Juli 2019
Penasaran? ask me direcly WA 089611648377 (Zulfa)
Dikares mengatakan…
Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share info menarik nih. Temen-temen tau ga sih kalo ada cara ampuh untuk mempersiapkan biaya pernihakan? Dan ternyata bukan dengan menabung loh. Temen-temen bisa cek di sini: jangan menabung untuk persiapan menikah
Dini mengatakan…
Persiapkan hari bahagiamu dengan HIS Kologdam Bandung. One stop wedding service dengan All in 1 package (venue - all vendor - wo crew).
peek us at https://www.instagram.com/his_kologdam/

*get your honeymoon trip in Ayana Komodo Resort Labuan Bajo untill this October 13th
GIYANTI - HIS mengatakan…
Dear brides and grooms to be 
Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

BOOKING FEE ONLY :
For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
GIYANTI : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad
See u brides and grooms to be!

Postingan Populer